Langkah Membuat Desain Grafis Yang Mudah Bagi Pemula

andri

Penggemar seni pastilah tidak asing dengan desain grafis.  Desain grafis di hp atau laptop diartikan suatu bentuk karya seni yang menciptakan elemen visual, ilustrasi, di suatu media tertentu. Ternyata pembuatanya tidak sembarang ada langkah membuat desain grafis yang harus diikuti.

Trik Awal Berkarya Sebagai Graphic Designer

Umumnya seseorang yang membuat desain grafis ini sering disebut dengan graphic designer. Desain grafis juga mempunyai makna untuk menyampaikan pesan melalui gambar atau grafis.

Lalu bagaimana langkah membuat desain grafis yang mudah bagi pemula? Ada beberapa langkah yang diperlukan untuk membuat desain grafis ini. Berikut langkah langkah yang harus dilakukan seorang graphic design.

1. Mengenali Audiens Atau Penikmat Desain

Langkah pertama yang harus dilakukan oleh seorang graphic design untuk membuat desain grafis yaitu harus mengenali audiens atau menganalisis audiens. Dengan kata lain seorang graphic designer harus tau apa informasi yang tepat dan dibutuhkan oleh masyarakat.

2. Menentukan Tujuan Pesan Yang Akan Disampaikan

Langkah selanjutnya yaitu menentukan pesan apa yang ingin disampaikan kepada para audiens atau masyarakat. Sehingga nanti kalau desain grafis sudah jadi dan siap untuk disebarkan masyarakat bisa langsung mengerti apa maksud dari pesan tersebut.

3. Membuat Keputusan Dimana Desain Grafis Itu Akan Diluncurkan

Langkah harus dilakukan ketika membuat desain grafis yaitu harus tahu dimana desain tersebut akan diluncurkan. Bisa dipublikasikan dalam bentuk cetak, dalam situs web atau bisa juga dalam bentuk presentasi.

Anda yang baru mengawali karir sebagai desain grafis tidak perlu khawatir, karena terdapat media yang bisa dipakai. Facebook, instagram dan berbagai aplikasi lainya bisa menjadi solusi kemana Anda harus meluncurkan desain yang sudah susah payah dibuat.

Langkah Penyusunan Desain Grafis Yang Menarik

Sebagai seorang desain grafis, Anda harus menentukan aplikasi mana yang akan dipakai. Desain grafis di hp bisa menggunakan aplikasi seperti canva, pics art, dan berbagai aplikasi lainya. sedangkan desain grafis di laptop bisa memakai aplikasi photoshop.

Cenderung mudah dilakukan, tetapi ada beberapa langkah yang bisa Anda lakukan untuk menciptakan desain unik. Berikut ini beberapa diantaranya:

1. Mengatur Format Teks Dan Juga Gambar

Dalam desain grafis, pastinya ada format teks dan juga gambar. Hal itu ditujukan untuk memberikan informasi komunikasi kepada masyarakat.

Kata yang digunakan harus sesuai dengan tata aturan bahasa atau EYD. Selain itu digunakan kata yang jelas, tidak bermakna ganda, dan dengan bahasa yang mudah dimengerti..

2. Sesuaikan Dengan Jenis Gaya, Jenis Ukuran, Typefaces Dan Terkahir Spasi

Langkah membuat desain grafis yang unik berikutnya yaitu harus memperhatikan jenis gaya, jenis ukuran, typefaces.Dalam hal ini harus dibutuhkan ketelitian yang bagus karena akan mempengaruhi hasil dari sebuah desain grafis yang dibuat.

3. Menambahkan Serta Memanipulasi Grafik

Berbeda dengan jenis seni lainnya, untuk seni desain grafis ini seorang graphic designer harus mengetahui ilmu tentang grafik. Hal ini bertujuan untuk mempermudah dalam proses pembuatan sebuah desain grafis.

4. Melakukan Proses Proofing

Langkah selanjutnya dan langkah yang paling penting yaitu melakukan proses proofing. Proses proofing sendiri bertujuan untuk mengecek, melihat dan menentukan bahwa desain grafis yang dibuat sudah sesuai dengan standar kualitas yang ditentukan atau belum.

5. Proses Penyempurnaan Dan Finishing

Langkah terakhir dalam membuat sebuah desain grafis yaitu menyempurnakan dan memperbaiki. Jika ada beberapa kesalahan seperti typo dan lain sebagainya, maka di langkah inilah semua kesalahan tersebut diperbaiki atau disempurnakan sebelum desain grafis diluncurkan atau dipublikasikan. Langkah membuat desain grafis yang mudah bagi pemula. Semoga bisa bermanfaat bagi Anda yang ingin membuat desain grafis. Walaupun terkadang kesulitan ada ketika membuat desain grafis tetapi jangan mudah menyerah dan selamat mencoba.

Bagikan:

Tags

Related Post

Tinggalkan Balasan